Kamis, 14 November 2013

Ciri - Ciri Khusus Pendidikan Bagi Bangsa Indonesia Pada Masa Kolonial Belanda

    Sejak dahulu, tepatnya pada masa kolonial Belanda Indonesia sudah mengenal adanya pendidikan. Namun Pendidikan tersebut belum sempurna seperti yang kita kenal saat ini.
Pendidikan pada zaman dahulu diselenggarakan oleh kolonial Belanda, tetapi apakah kalian mengetahui
ciri -ciri pendidikan yang diselenggarakan pemerintah kolonial Belanda ?
Kalau belum tahu, disini saya akan bantu kamu mengetahuinya.Baiklah tanpa berlama - lama lagi berikut merupakan ciri ciri khusus pendidikan pada masa kolonial Belanda.

Ciri - ciri pendidikan pada masa kolonial Belanda
1. Prinsip Gradualisme
Gradualisme memiliki makna perkembangan yang berangsur - angsur, lambat dan bertahap.
Jadi pendidikan pada saat itu sangat lambat atau atau bisa dikatakan pasif.
2. Sistem Dualisme
Dualisme merupakan dua kondisi yang satu sama lain saling bertentangan. Sistem ini tampak pada penyediaan sekolah yang berbeda golongan maupun rasial
3. Keterbatasan Tujuan 
Penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah kolonial mempunyai tujuan yaitu hanya untuk menghasilakn pegawai administrasi Belanda yang terampil dan murah.
4. Prinsip Konkordansi
Pelaksanaan prinsip ini ditujukan agar pendidikan di Hindia - Belanda mempunyai kesamaan kurikulum dengan pendidikan di negeri Belanda
5.Tidak Ada perencanan Pendidikan yang Sistematis
Pendidikan yang diselenggarakan Belanda ini mempunyai ciri - ciri yaitu penyelenggaraan pendidikan tersebut tidak ada kerja sama atau hubungan dengan satu sama lain atau bisa dikatakan pendidikan itu berdiri sendiri.

Teman - teman diatas trsebut merupakan ciri - ciri khusus pendidikan bagi bangsa Indonesia yang diselenggarakan oleh Belanda.
Ingin mencari yang lainnya tentang IPS sejarah?
Tunggu postingan berikutnya!

1 komentar: