Sabtu, 09 November 2013

Jenis Jenis Migrasi

    Bicara tentang migrasi pasti kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan nama itu lagi. Ya!! Migrasi merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan taraf hidup mayarakat, terutama masyarakat Indonesia yang sebagian besar belum sejahtera dalam hidupnya.
Pengertian dari migrasi sendiri adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain,secara umum migrasi dibedakan menjadi dua, yaitu migrasi lokal dan migrasi antar negara.

Sebelumnya ada yang sudah tau jenis - jenis dari masing - masing migrasi?
kalau belum saya akan kasih tau kamu tentang jenis - jenis migrasi tersebut. Tanpa berlama lama lagi berikut merupakan jenis - jenis dari migrasi yang biasa  kita dengar:

a). Migrasi Nasional (lokal)
Migrasi Nasional yaitu perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainya. Jenis - jenis migrasi nasional antara lain:
1) Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari suatu provinsi ke provinsi lain. Misalnya, perpindahan penduduk dari Jawa Tengah ke Sumatera selatan
2) Urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Misalnya , perpindahan penduduk dari desa di Jawa Tengah ke kota Jakarta
3) Ruralisasi, yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa. Misalnya, penduduk kota yang pulang kembali ke desa ke tempat ia dilahirkan.

b). Migrasi  Internasional (antarnegara)
Migrasi Internasional yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara kenegara lain. Jenis jenis migrasi internasional antara lain:
1) Imigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan menetap. Misalnya, warga dari negara Malaysia datang ke Indonesia untuk menetap di tempat saudaranya ataupun keluarganya. Orang tersebut disebut imigran
2) Emigrasi, yaitu perpindahan pendudukdari suatu negara ke negara lain untuk menetap di negara yang di tuju. Orang tersebut disebut imigran
3) Remigrasi (repatriasi), yaitu perpindahan penduduk untuk kembali ke negar asalnya .

Diatas tersebut merupakan jenis - jenis migrasi yang ada di Indonesia.
Ingin tau lagi tentang ips? Pelajari di sini

2 komentar: