Kamis, 28 November 2013

Pernafasan Dada dan Pernafasan Perut

  Sebelumnya saya telah membahas tentang sejarah, kali ini saya akan membas tentang biologi tepatnya yaitu tentang pernafasan dada dan pernafasan perut.
Dua pernafasan ini intinya sama namun ada juga perbedaannya. Baiklah tanpa berlama - lama lagi saya akan memberi tahu kamu tentang pernafasan dada dan pernafasan perut.

Pernafasan Dada
Pada pernafasan ini otot antar tulang rusuk berkontraksi atau juga disebut bekerja kemudian tulang rusuk terangkat. Pada rongga dada akan membesar, paru - paru kemudian mengembang. Tekanan udara di dalam paru - paru lebih kecil dari pada tekanan udara didalam sehingga udara masuk ke dalam paru - paru.
Diatas merupakan fase inspirasinya (proses menghirup udara), kemudian dibawah ini fase ekspirasinya (mengeluarkan udara)
Pada fase ini otot antar tulang rusuk relaksasi kemudian rongga dada mengecil lalu paru - paru juga mengecil.
Kemudian tekanan udara di dalam paru - paru lebih besar dari pada tekanan udara di dalam paru - paru, sehingga udara keluar dari paru - paru 
Pernafasan Perut
Pada pernafasan ini yang berperan yaitu otot diafragma bukan otot antar tulang rusuk. Fase - fasenya yaitu Otot diafragma berkontraksi kemudian rongga dada membesar, paru - paru juga mengembang kemudian  diafragma mendatar, tekanan udara mengecil dan udara masuk ke dalam paru - paru.
Fase ekspirasinya kebalikannya yang tadi yaitu otot diafragma relaksasi kemudian rongga dada membesar, paru - paru mengembang, diafragma melengkung, tekanan udara membesar sehingga udara keluar



Baiklah teman - teman diatas merupakan postingan tentang biologi
Nantikan postingan berikutnya dengan mata pelajaran yang berbeda!!!

2 komentar: